Kamis, 27 Oktober 2011

Yakitate!! Japan


Judul                : Yakitatte!! Japan
Pengarang        : Hashiguchi Takashi
Penerbit            : Elex Media Komputindo
Genre               : shonen manga, humor
Level                : Remaja
Volume            : 1-26 (tamat)
 
 
Yakitate!! Japan menceritakan Azuma Kazuma, seorang remaja yang memiliki impian menciptakan roti khas Jepang yang disebut Japan. Azuma memiliki Solar Hand atau tangan matahari yaitu suatu keahlian di mana telapak tangan pemiliknya menjadi hangat sesuai suhu tubuh bagian dalamnya. Biasanya pada orang kebanyakan suhu telapak tangan sedikit lebih rendah dibandingkan suhu tubuh bagian dalam. Jika adonan roti yang beragi diolah pada suhu yang dingin, ragi tersebut tidak akan berkembang karena ragi tidak tahan terhadap suhu dingin, dengan Solar Hands yang hangat akan membantu ragi mengembangkan adonan dengan lebih cepat dari biasanya. 

Azuma pergi ke Tokyo untuk meningkatkan keahliannya dan bergabung dengan bakery terkenal di Jepang, Pantasia, demi mencari petunjuk untuk membuat berbagai macam roti dalam targetnya membuat Japan. Untuk bakerja di Pantasia, Azuma harus mengikuti seleksi pegawai baru terlebih dahulu. Dimulai dari seleksi yang bertemakan “roti tawar yang takkan berjamur sampai 2 minggu”, seleksi kedua bertemakan “Butter Roll” hingga turnamen utama yang temanya berturut-turut adalah "Roti Melon", "Roti Yakisoba", "Roti Hewan", hingga pada semi final dan final bertemakan roti yang dipilih sendiri oleh peserta. Dalam seleksi ini Azuma bertemu dengan Kawachi Kyousuke, orang kansai miskin yang ingin menjadi juru roti demi meneruskan cita-cita ayahnya yang udah meninggal dan demi membahagiakan adik-adiknya. Kawachi sempat berbuat curang untuk menyingkirkan Azuma ketika awal seleksi, namun akhirnya ia mengundurkan diri saat final melawan Kai Suwabara. Suwabara adalah seorang samurai yang juga seorang juru roti. 

Tsukino Azusagawa, cucu dari Direktur Pantasia, melihat bakat Azuma & Kawachi dan mengajak mereka bekerja di Pantasia cabang Tokyo Selatan, yang dimilikinya. Bakery ini dikelola oleh Ken Matsushiro. Tsukino masih seorang pelajar SMA, namun sepulang sekolah ia selalu pergi ke Pantasia untuk menyemangati para pegawainya. Tsukino sangat baik dan rendah hati, namun saudara-saudara tirinya selalu jahat padanya. Tsukino dianggap sebagai anak terkutuk oleh saudaranya karena ia lahir dari ibu yang berbeda. Kawachi juga memiliki Solar Gauntlet berkat bantuannya. Ia mengagumi Azuma karena kemampuan tersembunyi yang ada padanya.

Manajer dari Pantasia cabang Tokyo selatan, Ken Matsushiro (biasa dipanggil Manajer) adalah orang yang tinggi kekar, berambut afro dan berkacamata hitam. Ia jago dalam membuat roti Perancis yang artistik, mudah dikonsumsi, dan tidak menimbulkan alergi pada orang yang tidak kuat memakan mentega susu sapi. Manajer sangat suka menggoda Kawachi untuk memberinya ide membuat roti, dan sering membuat Kawachi melamun dan memikirkannya.



Walaupun Yakitate!! Japan memfokuskan ceritanya pada roti, namun banyak kejadian lucu dan menarik dalam komik ini, misalnya reaksi-reaksi para Juri setelah memakan roti-roti yang telah dibuat. Reaksi-reaksinya sangat lucu dan terlalu melodramatik. Selain itu, kelakuan Kawachi yang “Bodoh” dan suka diusili teman-temanya menambah nuansa humor dalam komik ini.

0 komentar:

Posting Komentar

こんにちは! Welcome to PiingPoong's Brain! \(^o^)/ It's aLL about PinG! Thanks for your visit

Pengikut