Jumat, 27 Januari 2012

ITB? UI? atau IPB?

-->
Konnichiwa!! (^o^)/

Cuma mau berbagi cerita aja ni… bagi kalian yang saat ini kelas XII SMA pasti mengerti betapa rumitnya jadi anak kelas XII itu. (_ _’!l)
Menyiapkan Ujian Akhir Nasional, Ujian Akhir Sekolah, tugas-tugas pelajaran yang semakin banyak karena waktu KBM yang sangat terbatas, belum lagi SNMPTN! Kemana akan meneruskan nanti? Sibuk..sibuk.. Nah… yang ingin saya share sekarang tentang memilih jurusan dan PTN.

Banyak anak kelas XII yang masih bimbang dalam memilih jurusan dan Perguruan Tinggi mana yang akan menjadi “hunian “ selanjutnya. Sayangnya hal ini pun ternyata terjadi pada saya… Sebenarnya saya sudah menduga hal seperti ini akan terjadi, walaupun sudah pernah saya persiapkan sebelumnya ternyata tidak semudah itu memilih. Banyak hal yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih jurusan dan PTN yang tepat, diantaranya:
  • Bakat, minat, dan kemampuan diri
  • Prospek kerja (bagi yang ingin cepat dapat kerja)
  • Masukan dari orang tua
  • Peluang masuk
  • Biaya kuliah + biaya hidup
  • Lingkungan kampus
  • dsb.

Hmm... sekedar rasa suka atau tidak suka saja tidak cukup, kita juga harus mempertimbangkan hal-hal lain yang akan menentukan masa depan kita. Saya yakin tidak sedikit yang pilihannya bertentngan / tidak sesuai dengan keinginan orang tua. Walaupun bukan jurusan yang kita inginkan kita juga harus mempertimbangkan pilihan beliau lho... karena saya yakin setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya.
Tapi kita juga tidak boleh membohongi diri sendiri, kalau memang benar-benar tidak suka bicarakan baik-baik, sebab pasti akan sangat berat menjalani sesuatu yang tidak kita senangi... right?
Sejujurnya saya sedikit malu berbicara seperti itu padaal saya sendiri masih sedikit bimbang menentukan jurusan yang tepat. Hehehe... ^^v Ini ni pilihan yang ”mengalaukan” hati saya :

  1. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - ITB
Kenapa? Saya suka menggambar dan saya pernah berpikir ingin menjadi seorang ilustrator handal dan membuat animasi sendiri. Jadi, jurusan yang tepat adalah Desain Komunikasi Visual. Selain itu menurut saya ITB adalah tempat terbaik bila saya ingin melanjutkan ke bidang seni. Namun sepertinya orang tua saya kurang setuju kalau saya melanjutkan ke bidang seni karena menurut beliau untuk belajar seni tidak perlu sekolah formal. Asalkan kita suka secara alami kita akan mempelajarinya. Pendirian saya pun akhirnya goyah... >,<

  1. Arsitektur Interior - UI
Alternatif kalau saya tidak bisa mengambil FSRD-ITB karena termasuk program IPS (saya program IPA). Satu-satunya desain interior yang masuk ke jurusan teknik adalah Arsitektur Interior UI (yang saya tahu), umumnya desain interior itu berada dalam fakultas seni. Maka dari itu saya pilih UI karena tidak perlu lintas jurusan. Alasan lain, karena ibu saya ingin saya masuk UI... Yang menjadi kendala, saya hanya ”bisa menggambar”, saya tidak tahu banyak tentang teknik arsitektur ataupun interior design. Bagaimana kalau saya menjadi yang ”terbodoh”? Ups... Semoga tidak seperti itu, saya yakin saya mampu. Sekolah tempat belajar kan? Hehe...

  1. Ilmu Gizi - IPB
Sebenarnya ini adalah rekomendasi orang tua saya. Sejujurnya saya tidak begitu tertarik dengan bidang kesehatan. Tapi setelah mendapat penjelasan dari ayah saya, saya rasa tidak ada salahnya mencoba... Karena ke depan ahli gizi akan banyak dibutuhkan seiring dengan semakin diperhatikannya masalah kesehatan belakangan ini. Setelah melihat kurikulumnya, saya sempat takut karena pasti banyak hal yang harus dihafalkan (namanya juga kesehatan pasti sangat erat dengan biologi) ^^; Saya jadi bingung...


Nah sekarang saya harus bagaimna? Egois ikutin kata hati yang ”idealis” menurut saya, nurut aja rekomendasi orang tua, tidak keduanya, atau gimana? Ada yang bisa bantu? O.o

Oiya, saya pernah membaca artikel di sebuah blog, begini katanya ”Tidak usah banyak bertanya kepada orang lain, jika kamu bertanya ke banyak orang hanya akan membuatmu bertambah bingung. Tanyakanlah kepada dirimu sendiri, itulah jawaban yang terbaik.” Ooh... saya jadi tergerak. So... ayo teman-teman mulai tanyakan jawabannya pada dirimu. Jangan berlarut-larut dalam kebimbangan, segera tentukan pilihan terbaik! Saya pun sedang mencobanya... ^^v
Sayonara~! Ganbatte Kudasai!


--Ping--

3 komentar:

  1. Hey buddy that was a gud post
    lot of quality stuff and essential information
    Sterling Heavy Duty Truck AC Compressor

    BalasHapus
  2. Wah jurusan yang saya galaukan juga :)
    terus sekarang masuk mana kak?

    BalasHapus
  3. Wah kita sehati #eh
    Alhamdulillah akhirnya masuk pilihan no.2 hehe :)
    Ayo pertimbangkan baik-baik, pilih yang terbaik! Jangan lama-lama galaunya ya :D

    BalasHapus

こんにちは! Welcome to PiingPoong's Brain! \(^o^)/ It's aLL about PinG! Thanks for your visit

Pengikut